Kamis, 26 Februari 2015

Guru dan Staf SDN 1 Semarang Menggunakan Pakaian Adat Banjarnegara

Kamis 26 Februari 2015 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara merupakan hari yang cukup istimewa. Dikatakan demikian karena PNS di Kota Dawet Ayu itu hampir semuanya menggunakan pakaian adat.
Tak ketinggalan dengan PNS lain, guru-guru di lingkungan SD Negeri 1 Semarang termasuk guru olah raga dan staf juga menggunakan pakaian adat dengan ciri khas warna kuning berkerudung hijau dan kain dengan motif Garuda. Ada yang sedikit lucu dalam tampilannya, karena ada yang tetap menggunakan sepatu seperti hari-hari biasa. Ada juga yang menggunakan selop.
Hari ini adalah hari pertama semua Guru PNS dan staf di SD Negeri 1 Semarang menggunakan pakaian adat, ini merupakan upaya pemerintah dalam soal pendidikan karakter, melestarikan budaya bangsa, khususnya budaya Banjarnegara serta meningkatkan profesionalisme kerja, ucap Kepala SDN 1 Semarang, Umi Kholifah.
Pakaian adat yang digunakan adalah pakaian keseharian, maka kelengkapan tanda PNS semuanya terpasang untuk tetap menjalankan tugasnya masing-masing seperti hari-hari biasa. Pakaian itu akan terus dipakai pada setiap hari Kamis minggu terakhir.
Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara juga telah memberlakukan penggunaan Bahasa Jawa pada setiap hari Kamis.
Penggunaan Bahasa Jawa yang memiliki tingkatan, mulai dari ngoko, kromo biasa, hingga kromo inggil mengajarkan kita tentang adab dan sopan-santun dalam menjalin hubungan dengan orang yang lebih tua dan sebaliknya (dewi.p)

0 komentar:

Posting Komentar